Thursday, January 16, 2014

PEMANFAATAN LIMBAH KULIT PISANG

PEMANFAATAN LIMBAH KULIT PISANG SEBAGAI BAHAN DASAR PEMBUATAN PEKTIN DENGAN METODE EKSTRAKSI
Naqiah Azzahra Sajjadyah

Abstrak

Karya ilmiah ini bertujuan untuk mengetahui apakah kulit pisang dapat menhasilkan pektin yang dapat digunakan sebagai pengental pada produk selai.
            Penelitian ini menggunakan metode experimen, dengan menggunakan kulit pisang yang di ekstraksi dengan menggunakan pelarut asam klorida, lalu filtrat ditambahkan alcohol 96% dengan perbandingan volume 1:1 hingga filtrat mengendap. Lalu dicuci dengan menggunakan alcohol dan dikeringkan di oven pada suhu 50oC. pektin yang kering lalu ditimbang. Hasil pektin yang didapat kemudian digunakan sebagai pengental dalam pembuatan selai nanas, dan hasilnya pektin yang diperoleh dapat digunakan sebagai pengental selai.

Kata kunci: kulit pisang, pektin, metode ekstraksi.



1.      Pendahuluan
Tingginya produksi pisang di Indonesia menyebabkan limbah kulit pisang yang dihasilkan pun sangat banyak, dan akhirnya terbuang sia-sia. Padahal kandungan dalam kulit pisang banyak yang masih dapat digunakan. Kulit pisang mengandung banyak zat yang berguna bagi manusia. Salah satunya adalah pektin. Pektin adalah suatu zat alami yang terdapat pada kulit tumbuhan. Pektin bermanfaat untuk membuat produk selai, jelly, permen, dan lain-lain. Pada dasarnya, pektin berguna dalam mengentalkan dan menstabilkan suatu zat. Dalam bidang kesehatan, pektin juga bermanfaat sebagai obat diare dan dapat menurunkan kadar kolestrol dalam darah
2. Metolodologi Penelitian

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan metode eksperimental. Penelitian dilakukan dari bulan Agustus hingga September di SMA Lazuardi GIS.

3. Hasil Penelitian dan Pembahasan

Dari 150 gram kulit pisang mas yang digunakan didapatkan 0,66 gram pektin yang setelahnya digunakan sebagai pengental dan stabilizer pada pembuatan selai nanas untuk mengetahui apakah pektin yang diperoleh dapat digunakan sebagai pengental dan stabilizer pada selai seperti pektin pada umumnya. Selai yang menggunakan pektin tetap kental dan awet hingga lebih dari 3 minggu, sedangkan selai yang tidak ditambahkan pektin akan mengendap dan basi dalam waktu kurang dari 3 minggu. Hal ini disebabkan pektin bekerja dengan mengikat air sehingga cairan selai dapat mengental dan tidak mudah basi. Pektin tidak mengubah rasa, hanya mengubah bentuk cairan menjadi lebih padat atau kental.

4. Kesimpulan
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kulit pisang dapat dijadikan bahan dasar pembuatan pektin yang dapat digunakan untuk mengentalkan dan menstabilkan selai.
.

5. Saran
Pada penelitian selanjutnya, diharapkan pembuatan pektin dapat divariasikan bahan dasarnya, mengeringkan pektin hingga berbentuk bubuk halus dan menggunakan pelarut yang lebih aman seperti H3PO4 dan H3BO3.

6. Daftar Pustaka
1.       Lehneinger, Albert L. 1982. Priciples of biochemistry. New York: Worth Publishers
2.       Munadjim. 1988. Teknologi Pengolahan Pisang. Jakarta: Gramedia.
3.       Towle, G.A. dan O. Christensen. 1973. Pectin. Di dalam R.L. Whistler (ed.).Industrial
4.       Rouse, A.H. 1977. Pectin : distribution, significance. Di dalam S. Nagy, P.E.Shaw dan M.K.. Veldhuis (eds.). Citruz Science and technology, vol. 1, p.110. AVI Publ. Co., Connecticut.
5.       Smith C, Bryant F. 1968. Ester content and jelly pH influences on the grade of pectins. J Food Sci 33:2624.
6.       Susanti, Lina. 2006. Perbedaan penggunaan kulit pisang terhadap kualitas nata (skripsi). Semarang: Universitas Negeri Semarang
7.       Purba, Michael. 2006. Buku kimia untuk kimia kelas XII B. Jakarta: Penerbit Erlangga.
8.       http://gajahpesing.kabarku.com/Tulisanku/PemanfaatanBuah-pisang-10727.html (Diakses tanggal 24 September 2013 pukul 19.20 WIB)
9.       http://biokimiaenzim.blogspot.com/2011/10/metode-ekstraksi-dan-evaporasi-dalam.html (Diakses tanggal 24 September 2013 pukul 20.04 WIB)
10.    http://teknologi.news.viva.co.id/news/read/327152-indonesia-penghasil-pisang-terbesar-7-dunia (Diakses tanggal 3 September 2013 pukul 20.34 WIB)
11.    http://tanamanobat-herbal.blogspot.com/2013/02/kandungan-dan-manfaat-kulit-pisang.html (Diakses tanggal 3 September 2013 pukul 20.34 WIB)
12.    http://www.kamusq.com/2013/05/pektin-adalah-pengertian-dan-definisi.html (Diakses tanggal 3 September pukul 20.34 WIB)
13.    http://sci-toys.com/ingredients/pektin.html (Diakses tanggal 24 September pukul 19.20 WIB)



No comments:

Post a Comment