Thursday, January 16, 2014

GEOGRAFI KHUSUSNYA BAB BIOSFER

MINAT BELAJAR SISWA KELAS XI IPS TERHADAP MATA PELAJARAN GEOGRAFI KHUSUSNYA BAB BIOSFER

Oleh :
Panji Satrio pradana
ABSTRAK
Penelitian ini membahas tentang  minat siswa kelas XI IPS terhadap mata pelajaran geografi pada bab biosfer. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat siswa dan siswi kelas XI IPS yang menyukai pelajaran geografi khususnya bab biosfer lalu untuk melihat tanggapan siswa dan siswi yang mengambil program study ips dan seberapa jauh siswa siswi yang memahami mata pelajarn geografi khususnya bab biosfer.                                                                                              Sebesar  58,9%  responden menjawab pengaruh pengajar mata pelajaran geografi cukup mempengaruhi  aktivitas belajar mengajar di dalam kelas. Sebesar 51,2%  reponden menjawab bahwa ketertarikan mereka mempelajari bab biosfer pada mata pelajaran geografi cukup tinggi. Sebesar 66,6% responden menjawab kesulitan belajar mereka pada bab biosfer cukup tinggi. Responden menjawab kepuasan mereka terhadap metode pembelajaran pada bab biosfer cukup tinggi dan rendah dengan persentase masing-masing sebesar 48,7%. Sebesar 41%  responden menjawab frekuensi mereka mendapatkan nilai bagus pada bab biosfer tinggi dan cukup tinggi. Responden menjawab sebesar 33,333% variatif penyampaian materi pada bab biosfer masih rendah. Sebesar 43,589% responden menjawab daya serap mereka materi geografi yang di sampaikan oleh guru geografi cukup tinggi. Sebesar 38,4% responden menjawab peran guru terhadap siswa yang memperoleh nilai bagus cukup tinggi dan rendah. Sebesar 35,8% responden menjawab peran guru terhadap keberhasilan siswa terhadap pelajaran.



Kata kunci : geografi biosfer 

Pendahuluan

Minat dalam belajar adalah salah satu faktor yang wajib dimiliki oleh setiap siswa . Minat belajar juga sangat menentukan hasil belajar yang diraih oleh siswa dengan minat belajar yang baik akan memudahkan siswa menyerap materi yang diajarkan. Minat merupakan salah satu aspek psikis yang dapat mendorong manusia mencapai  tujuan.  Seseorang  yang  memiliki  minat  terhadap  suatu  objek,  cenderung memberikan perhatian atau  merasa senang  yang lebih besar kepada objek tersebut. Namun, apabila objek tersebut tidak menimbulkan rasa senang, maka orang itu tidak akan memiliki minat atas objek tersebut. Oleh karena itu, tinggi rendahnya perhatian atau rasa senang seseorang terhadap objek dipengaruhi oleh tinggi rendahnya minat seseorang tersebut  Minat adalah kecenderungan  yang  menetap dalam subjek untuk merasa tertarik pada bidang atau hal tertentu dan merasa senang berkecimpung dalam bidang itu (Winkel, 1984: 30). Adanya suatu ketertarikan yang sifatnya tetap di dalam diri subjek atau seseorang yang sedang mengalaminya atas suatu bidang atau hal tertentu dan  adanya  rasa  senang  terhadap  bidang  atau  hal  tersebut,  sehingga  seseorang mendalaminya. Minat adalah kesadaran seseorang, bahwa suatu objek, seseorang, suatu soal  atau  suatu  situasi  mengandung  sangkut-paut  dengan  dirinya   (Witherington, 1983),   merupakan   suatu  kesadaran   yang   ada  pada  diri  seseorang  tentang hubungan dirinya dengan segala sesuatu yang ada di luar dirinya. Hal-hal yang ada di luar  diri  seseorang,  meskipun  tidak  menjadi  satu,  tetapi  dapat  berhubungan  satu dengan yang lain karena adanya kepentingan atau kebutuhan yang bersifat mengikat.
1.          
       Metodologi Penelitian

desain penelitian ini adalah  penelitian dilaksanakn di sma laziardi pada siswa kelas XI IPS yang menggunakan metode angket di lakuakn pada tanggal  31 oktober 2013 stelah peneliti menyebarkan angket kepada responden penelti mengumpulkan angket dan mengitungnya dan di tabulasikan hasil penghitungan angket populasi yang digunakan seluruh siswa kelas XI IPS yang berjumlah 41 responden ada dua angket yang tidak sesuai dengan permintaan peneliti, jadi peneliti menggunakan angket responden sebanyak 39 angket


Hasil dan Pembahasan
3.      Hasil dari penelitian ini tertuang pada table sebagai berikut
No
Sangat tinggi
Tinggi
Cukup tinggi
Rendah
Sangat rendah
1.
7,692%
25,641%
58,974%
7,692%
0%
2.
5,128%
30,760%
51,282%
12.820%
0%
3.
0%
12,820%
66,666%
15,384%
1,564%
4.
12,820%
17,948%
48,717%
48,717%
0%
5.
17,948%
41,0256%
41,0256%
0%
0%
6.
5,128%
28,205%
30,769%
33,333%
0%
7.
10,256%
36,461%
43,589%
7,692%
0%
8.
23,076%
33,333%
38,461%
38,461%
5,128%
9.
35,897%
33,333%
25,641%
5,128%
0%
10
5,120%
7,692%
10,256%
43,589%
33,333%

Tabel 1. Persentase angket mata pelajaran geografi
2.       Sebesar  58,9%  responden menjawab pengaruh pengajar mata pelajaran Geografi cukup mempengaruhi  aktivitas belajar mengajar di dalam kelas. Sebesar 51,2%  reponden menjawab bahwa ketertarikan mereka mempelajari Bab Biosfer pada mata pelajaran geografi cukup tinggi. Sebesar 66,6% responden menjawab kesulitan belajar mereka pada Bab Biosfer cukup tinggi. Responden menjawab kepuasan mereka terhadap metode pembelajaran pada Bab Biosfer cukup tinggi dan rendah dengan persentase masing-masing sebesar 48,7%. Sebesar 41%  responden menjawab frekuensi mereka mendapatkan nilai bagus pada Bab Biosfer tinggi dan cukup tinggi. Responden menjawab sebesar 33,333% variatif penyampaian materi pada Bab Biosfer masih rendah. Sebesar 43,589% responden menjawab daya serap mereka materi Geografi yang di sampaikan oleh guru Geografi cukup tinggi. Sebesar 38,4% responden menjawab peran guru terhadap siswa yang memperoleh nilai bagus cukup tinggi dan rendah. Sebesar 35,8% responden menjawab peran guru terhadap keberhasilan siswa terhadap pelajaran geografi sangat tinggi. Sebesar 43,5% responden menjawab peran guru terhadap siswa yang ingin melanjutkan kuliah dan mengambil jurusan geografi rendah. 

Pembahasan 
Pembahasan penelitian ini adalah responden menjawab 58,9% karena responden cukup senang dengan pengajar Geografi yang mengajar di kelas XI kemudian pengajar Geografi itu cara mengajarnya cukup santai dan yang diajarkan pun masih bisa diserap oleh para murid kelas XI IPS yang mempelajari Geografi. Responden menjawab 51,2%  karena untuk Geografi di kelas XI materi pertama dan yang paling mudah itu Bab Biosfer yang mempelajari mahluk hidup berupa hewan dan tumbuhan. Responden  menjawab  66,6% kalau materi Biosfer itu salah satu materi yang paling mudah dipelajari di pelajaran Geografi dan rata-rata nilai ujian atau ulangan Geografi pada Bab Biosfer sebagian besar sudah di atas KKM dan yang terendah pun tidak terlalu jauh dengan KKM pelajaran geografi. Responden menjawab 48,7% pada soal nomor 4, karena metode pembelajaran yang di gunakan oleh para pengajar Geografi cukup mudah di mengerti oleh para siswa dan siswi kelas XI IPS yang mengikuti pelajaran Geografi dan biasanya pengajar Geografi mengajar dan diselingi sedikit candaan agar suasana belajar Geografi menjadi lebih nyaman. Pada soal nomor 5 responden menjawab  41%  karena responden atau siswa dan siswi kelas XI IPS cukup serius dan senang mengikuti pelajaran Geografi karena untuk materi Biosfer cara belajarnya mengahafal dan tidak terlalu sulit dengan materi atau Bab lain yang ada di pelajaran Geografi. Responden menjawab 33,333% cara mengajar  yang disajikan oleh para pengajar Geografi cukup banyak dengan berdiskusi dan membuat peta atau nonton viedieo yang berhungangan dengan pembelajaran Geografi pada Bab Biosfer. Responden menjawab 38,4% karena responden cukup mengerti apa yang disamapaikan oleh para pengajar Geografi maka sebagian responden daya serap pelajaran Geografinya cukup tinggi dan responden tanggapan cukup positif terhadap para materi yang di sampaikan oleh pengajar Geografi. Responden menjawab  35,8% kalau daya serap responden tinggi pasti maka dalam mengerjakan ulangan Geografi tinggi atau di atas KKM. responden menjawab 43,5% responden kuarang meminati kuliah jurusan Geografi karena geografi masuknya ke pelajaran IPA dan kalau di SMA pelajaran Geografi itu masauknya ke program studi IPS.

Kesimpulan
       Kesimpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil ternyata minat belajar Geografi kelas XI cukup tinggi pada Bab Bisofer hal ini terbukti dari hasil angket yang telah di sebarkan kepada siswa kelas XI IPS SMA Lazuardi

Saran
     Saran untuk penelitian ini adalah:
·         Kurangnya waktu penelitian sehingga penelitian tentang minat belajar siswa kelas XI IPS
·         Diharapkan bisa dilakuakan penelitian lebih lanjut tentang minat belajar Geografi pada Bab Biosfer

Daftar Pustaka
http://eprints.uny.ac.id/7623/3/ba  b%202%20-%2008108244155.pdf
http://idb4.wikispaces.com/file/view/jj4006.2.pdf
educloud.fkip.unila.ac.id/index.php



No comments:

Post a Comment