MINAT BELAJAR SISWA KELAS XI IPS
TERHADAP MATA PELAJARAN GEOGRAFI KHUSUSNYA BAB BIOSFER
Oleh :
Panji Satrio pradana
ABSTRAK
Penelitian ini membahas tentang minat siswa kelas XI IPS terhadap mata
pelajaran geografi pada bab biosfer. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat
siswa dan siswi kelas XI IPS yang menyukai pelajaran geografi khususnya bab
biosfer lalu untuk melihat tanggapan siswa dan siswi yang mengambil program
study ips dan seberapa jauh siswa siswi yang memahami mata pelajarn geografi
khususnya bab biosfer. Sebesar 58,9% responden menjawab pengaruh pengajar mata
pelajaran geografi cukup mempengaruhi
aktivitas belajar mengajar di dalam kelas. Sebesar 51,2% reponden menjawab bahwa ketertarikan mereka
mempelajari bab biosfer pada mata pelajaran geografi cukup tinggi. Sebesar
66,6% responden menjawab kesulitan belajar mereka pada bab biosfer cukup
tinggi. Responden menjawab kepuasan mereka terhadap metode pembelajaran pada
bab biosfer cukup tinggi dan rendah dengan persentase masing-masing sebesar
48,7%. Sebesar 41% responden menjawab
frekuensi mereka mendapatkan nilai bagus pada bab biosfer tinggi dan cukup
tinggi. Responden menjawab sebesar 33,333% variatif penyampaian materi pada bab
biosfer masih rendah. Sebesar 43,589% responden menjawab daya serap mereka
materi geografi yang di sampaikan oleh guru geografi cukup tinggi. Sebesar
38,4% responden menjawab peran guru terhadap siswa yang memperoleh nilai bagus
cukup tinggi dan rendah. Sebesar 35,8% responden menjawab peran guru terhadap
keberhasilan siswa terhadap pelajaran.
Kata kunci : geografi biosfer
Pendahuluan
Minat
dalam belajar adalah salah satu faktor yang wajib dimiliki oleh setiap siswa .
Minat belajar juga sangat menentukan hasil belajar yang diraih oleh siswa
dengan minat belajar yang baik akan memudahkan siswa menyerap materi yang
diajarkan. Minat merupakan salah satu aspek psikis yang dapat mendorong manusia
mencapai tujuan. Seseorang
yang memiliki minat
terhadap suatu objek,
cenderung memberikan perhatian atau
merasa senang yang lebih besar
kepada objek tersebut. Namun, apabila objek tersebut tidak menimbulkan rasa
senang, maka orang itu tidak akan memiliki minat atas objek tersebut. Oleh
karena itu, tinggi rendahnya perhatian atau rasa senang seseorang terhadap
objek dipengaruhi oleh tinggi rendahnya minat seseorang tersebut Minat adalah kecenderungan yang menetap
dalam subjek untuk merasa tertarik pada bidang atau hal tertentu dan merasa
senang berkecimpung dalam bidang itu (Winkel, 1984: 30). Adanya suatu
ketertarikan yang sifatnya tetap di dalam diri subjek atau seseorang yang
sedang mengalaminya atas suatu bidang atau hal tertentu dan adanya
rasa senang terhadap
bidang atau hal
tersebut, sehingga seseorang mendalaminya. Minat adalah
kesadaran seseorang, bahwa suatu objek, seseorang, suatu soal atau
suatu situasi mengandung
sangkut-paut dengan dirinya
(Witherington, 1983),
merupakan suatu kesadaran
yang ada pada
diri seseorang tentang hubungan dirinya dengan segala
sesuatu yang ada di luar dirinya. Hal-hal yang ada di luar diri
seseorang, meskipun tidak
menjadi satu, tetapi
dapat berhubungan satu dengan yang lain karena adanya
kepentingan atau kebutuhan yang bersifat mengikat.
1.
Metodologi
Penelitian
desain
penelitian ini adalah penelitian
dilaksanakn di sma laziardi pada siswa kelas XI IPS yang menggunakan metode
angket di lakuakn pada tanggal 31
oktober 2013 stelah peneliti menyebarkan angket kepada responden penelti
mengumpulkan angket dan mengitungnya dan di tabulasikan hasil penghitungan
angket populasi yang digunakan seluruh siswa kelas XI IPS yang berjumlah 41
responden ada dua angket yang tidak sesuai dengan permintaan peneliti, jadi
peneliti menggunakan angket responden sebanyak 39 angket
Hasil dan Pembahasan
3. Hasil
dari penelitian ini tertuang pada table sebagai berikut
No
|
Sangat tinggi
|
Tinggi
|
Cukup tinggi
|
Rendah
|
Sangat rendah
|
1.
|
7,692%
|
25,641%
|
58,974%
|
7,692%
|
0%
|
2.
|
5,128%
|
30,760%
|
51,282%
|
12.820%
|
0%
|
3.
|
0%
|
12,820%
|
66,666%
|
15,384%
|
1,564%
|
4.
|
12,820%
|
17,948%
|
48,717%
|
48,717%
|
0%
|
5.
|
17,948%
|
41,0256%
|
41,0256%
|
0%
|
0%
|
6.
|
5,128%
|
28,205%
|
30,769%
|
33,333%
|
0%
|
7.
|
10,256%
|
36,461%
|
43,589%
|
7,692%
|
0%
|
8.
|
23,076%
|
33,333%
|
38,461%
|
38,461%
|
5,128%
|
9.
|
35,897%
|
33,333%
|
25,641%
|
5,128%
|
0%
|
10
|
5,120%
|
7,692%
|
10,256%
|
43,589%
|
33,333%
|
Tabel 1. Persentase
angket mata pelajaran geografi
2.
Sebesar 58,9%
responden menjawab pengaruh pengajar mata pelajaran Geografi cukup
mempengaruhi aktivitas belajar mengajar
di dalam kelas. Sebesar 51,2% reponden
menjawab bahwa ketertarikan mereka mempelajari Bab Biosfer pada mata pelajaran
geografi cukup tinggi. Sebesar 66,6% responden menjawab kesulitan belajar
mereka pada Bab Biosfer cukup tinggi. Responden menjawab kepuasan mereka
terhadap metode pembelajaran pada Bab Biosfer cukup tinggi dan rendah dengan
persentase masing-masing sebesar 48,7%. Sebesar 41% responden menjawab frekuensi mereka
mendapatkan nilai bagus pada Bab Biosfer tinggi dan cukup tinggi. Responden menjawab
sebesar 33,333% variatif penyampaian materi pada Bab Biosfer masih rendah.
Sebesar 43,589% responden menjawab daya serap mereka materi Geografi yang di
sampaikan oleh guru Geografi cukup tinggi. Sebesar 38,4% responden menjawab peran guru terhadap siswa
yang memperoleh nilai bagus cukup tinggi dan rendah. Sebesar 35,8% responden
menjawab peran guru terhadap keberhasilan siswa terhadap pelajaran geografi
sangat tinggi. Sebesar 43,5% responden menjawab peran guru terhadap siswa yang
ingin melanjutkan kuliah dan mengambil jurusan geografi rendah.
Pembahasan
Pembahasan
penelitian ini adalah responden menjawab 58,9% karena responden cukup senang
dengan pengajar Geografi yang mengajar di kelas XI kemudian pengajar Geografi
itu cara mengajarnya cukup santai dan yang diajarkan pun masih bisa diserap
oleh para murid kelas XI IPS yang mempelajari Geografi. Responden menjawab
51,2% karena untuk Geografi di kelas XI
materi pertama dan yang paling mudah itu Bab Biosfer yang mempelajari mahluk
hidup berupa hewan dan tumbuhan. Responden
menjawab 66,6% kalau materi
Biosfer itu salah satu materi yang paling mudah dipelajari di pelajaran
Geografi dan rata-rata nilai ujian atau ulangan Geografi pada Bab Biosfer
sebagian besar sudah di atas KKM dan yang terendah pun tidak terlalu jauh
dengan KKM pelajaran geografi. Responden menjawab 48,7% pada soal nomor 4,
karena metode pembelajaran yang di gunakan oleh para pengajar Geografi cukup
mudah di mengerti oleh para siswa dan siswi kelas XI IPS yang mengikuti
pelajaran Geografi dan biasanya pengajar Geografi mengajar dan diselingi
sedikit candaan agar suasana belajar Geografi menjadi lebih nyaman. Pada soal
nomor 5 responden menjawab 41% karena responden atau siswa dan siswi kelas
XI IPS cukup serius dan senang mengikuti pelajaran Geografi karena untuk materi
Biosfer cara belajarnya mengahafal dan
tidak terlalu sulit dengan materi atau Bab lain yang ada di pelajaran Geografi.
Responden menjawab 33,333% cara mengajar
yang disajikan oleh para pengajar Geografi cukup banyak dengan berdiskusi
dan membuat peta atau nonton viedieo yang berhungangan dengan pembelajaran
Geografi pada Bab Biosfer. Responden menjawab 38,4% karena responden cukup mengerti apa yang disamapaikan oleh para
pengajar Geografi maka sebagian responden daya serap pelajaran Geografinya
cukup tinggi dan responden tanggapan cukup positif terhadap para materi yang di
sampaikan oleh pengajar Geografi. Responden menjawab 35,8% kalau daya serap responden tinggi pasti
maka dalam mengerjakan ulangan Geografi tinggi atau di atas KKM. responden
menjawab 43,5% responden kuarang meminati kuliah jurusan Geografi karena
geografi masuknya ke pelajaran IPA dan kalau di SMA pelajaran Geografi itu
masauknya ke program studi IPS.
Kesimpulan
Kesimpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan
didapatkan hasil ternyata minat belajar Geografi kelas XI cukup tinggi pada Bab
Bisofer hal ini terbukti dari hasil angket yang telah di sebarkan kepada siswa
kelas XI IPS SMA Lazuardi
Saran
Saran untuk penelitian ini adalah:
·
Kurangnya waktu
penelitian sehingga penelitian tentang minat belajar siswa kelas XI IPS
·
Diharapkan bisa
dilakuakan penelitian lebih lanjut tentang minat belajar Geografi pada Bab
Biosfer
Daftar Pustaka
http://eprints.uny.ac.id/7623/3/ba b%202%20-%2008108244155.pdf
http://idb4.wikispaces.com/file/view/jj4006.2.pdf
educloud.fkip.unila.ac.id/index.php
No comments:
Post a Comment