ANALISIS
KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN LAGU DALAM PEMBELAJARAN TRIGONOMETRI PADA MATERI JUMLAH
DAN SELISIH DUA SUDUT
Abstrak
Tujuan
dari penelitian ini agar peserta didik lebih cepat dalam menghafal rumus
trigonometri pada materi jumlah dan selisih dua sudut dan proses pembelajaran
menjadi lebih menyenangkan.
Penelitian
ini menggunakan rancangan penelitian desain one
group pretest-posttest subjek random.
Desain ini merupakan randomisasi pemilihan subjek serta menggunakan pretest dan posttest. Berdasarkan hasil angket repon peserta didik terhadap
trigonometri pada jumlah dan selisih dua sudut dengan menggunakan lagu 100%
dari peserta didik menyatakan bahwa dengan menggunakan lagu proses pembelajaran menjadi menyenangkan.
1.
Latar Belakang
Matematika adalah segala hal yang berkaitan dengan pola dan aturan dan bagaimana aturan itu dipakai untuk menyelesaikan berbagai macam permasalahan [1]. Sampai saat ini,
matematika dianggap sebagai pelajaran yang kurang menarik, sukar dan membosankan sehingga pelajaran matematika menjadi kurang disenangi oleh peserta didik, yang berakibat pada rendahnya prestosi belajar peserta didik [2].
Trigonometri merupakan nilai perbandingan yang didefinisikan pada koordinat kartesius atau segitiga siku-siku [3]. Trigonometri pada materi jumlah dan selisih dua sudut
yang disampaikan
pada
kelas XI jurusan IPA memiliki tingkat kesulitan
yang cukup
tinggi
dalam
pemahamannya.
Ada
peserta didik
yang tidak bisa memahaminya dengan mempelajarinya secara metode ceramah, dikarenakan rumusan
yang terlalu banyak.
Dari
uraian di atas dapat disimpulkan perlu adanya proses pembelajaran baru yang dapat membuat peserta didik senang
dalam belajar matematika dan memudahkan peserta didik dalam menghafal
rumus-rumus trigonometri pada materi jumlah dan selisih dua sudut
yang disampaikan
pada
kelas XI jurusan IPA.
Selama
ini teknik menggunakan jembatan keledai dan lagu dapat memudahkan peserta didik
untuk menghafal materi. Dengan pembuatan lagu rumusan trigonometri pada materi
jumlah dan selisih dua sudut ini, diharapkan nantinya metode ini dapat
menjadikan peserta didik lebih cepat dalam menghafal, mempelajari dan memahami
rumus-rumus trigonometri dengan baik.
2.
Metode
Penelitian
Penelitian ini
menggunakan metode observasi dan dilakukan
di kelas XI IPA 1. Sebelum kelas XI IPA 1 diberi perlakuan, kelas tersebut
diberi pretest, dan setelah
perlakuan, diberi posttest. Kemudian
hasilnya diolah sehingga dapat diketahui hasil belajar di kelas XI IPA 1 dan
respon peserta didik terhadap pembelajaran trigonometri pada materi jumlah dan
selisih dua sudut dengan menggunakan lagu dan apakah metode tersebut berhasil
atau tidak.
-Prosedur penelitian:
1.
Membuat soal di kertas HVS.
2.
Menentukan soal yang akan diujikan.
3.
Sebelum dijelaskan materi jumlah dan selisih dua
sudut peserta didik diberikan pretest.
4.
Menjelaskan tentang trigonometri pada materi
jumlah dan selisih dua sudut kepada peserta didik dengan menggunakan lagu.
5.
Setelah diajarkan peserta didik diberi posttest dan angket.
6.
Melihat hasil belajar dan respon peserta didik
terhadap penggunaan lagu dalam proses pembelajaran trigonometri pada materi
jumlah dan selisih dua sudut.
3. Hasil Penelitian dan Pembahasan
Penelitian
ini dilakukan di kelas XI IPA 1 dengan menggunakan lagu. Materi matematika yang
diajarkan pada penelitian ini adalah materi trigonometri khususnya pada sub bab
rumus selisih dan jumlah dua sudut. Untuk mengetahui hasil belajar sebelum
perlakuan, peneliti melakukan pretest,
dan setelah diberikan perlakuan diberikan tes berupa posttest. Dengan tujuan ingin mengetahui seberapa besar peningkatan
pada kelas XI IPA 1 yang diajar dengan menggunakan lagu.
No
|
Nama
|
Pretest
|
Posttest
|
Persentase
kenaikan
|
1
|
A
|
10
|
60
|
50%
|
2
|
B
|
50
|
55
|
5%
|
3
|
C
|
0
|
20
|
20%
|
4
|
D
|
0
|
20
|
20%
|
5
|
E
|
60
|
60
|
0%
|
6
|
F
|
75
|
100
|
25%
|
7
|
G
|
0
|
20
|
20%
|
8
|
H
|
20
|
80
|
60%
|
9
|
I
|
80
|
80
|
0%
|
10
|
J
|
0
|
0
|
0%
|
11
|
K
|
40
|
100
|
60%
|
12
|
L
|
40
|
70
|
20%
|
13
|
M
|
40
|
65
|
25%
|
14
|
N
|
75
|
70
|
-
|
15
|
O
|
70
|
100
|
30%
|
16
|
P
|
60
|
100
|
40%
|
17
|
Q
|
60
|
70
|
10%
|
18
|
R
|
0
|
20
|
20%
|
19
|
S
|
0
|
35
|
35%
|
20
|
T
|
90
|
90
|
0%
|
Tabel 1.Tabel pretest dan posttest kelas XI IPA
Tabel 2. Rekapitulasi Hasil Belajar Matematika Kelas XI IPA 1
Statistik
|
Kelas XI IPA 1
|
|
Pretest
|
posttest
|
|
Nilai Terendah
|
0
|
0
|
Nilai Terbesar
|
90
|
100
|
Mean
|
38.5
|
60.75
|
Persentasi
kenaikan rata-rata
|
22%
|
Tabel 3. Hasil Angket Kelas XI IPA 1
No
|
Pertanyaan
|
Ya
|
Tidak
|
1
|
Apakah kamu
kamu mengalami kesulitan dalam mempelajari trigonometri lanjutan?
|
50%
|
50%
|
2
|
Apakah metode
lagu ini efektif dalam mempelajari trigonometri lanjutan?
|
80%
|
20%
|
3
|
Apakah adanya
metode lagu ini sangat membantu kamu dalam mempelajari trigonometri lanjutan?
|
65%
|
35%
|
4
|
Apakah kamu
suka belajar trigonometri lanjutan dengan menggunakan lagu?
|
70%
|
30%
|
5
|
Menurut kamu
apakah metode lagu ini efektif diterapkan untuk materi trigonometri lanjutan?
|
95%
|
5%
|
6
|
Apakah kamu dapat
menghafal trigonometri lanjutan dengan baik dengan menggunakan metode lagu?
|
65%
|
35%
|
7
|
Apakah metode
lagu ini metode yang menyenangkan untuk belajar trigonometri lanjutan?
|
100%
|
0%
|
8
|
Apakah dengan
metode lagu ini, kamu dapat lebih mudah memahami materi trigonometri
lanjutan?
|
75%
|
25%
|
9
|
Apakah kamu
semakin sulit dalam memahami materi trigonometri lanjutan dengan menggunakan
lagu?
|
15%
|
85%
|
10
|
Apakah dengan
menggunakan metode lagu ini tidak
membantu kamu dalam menghafal materi trigonometri lanjutan?
|
15%
|
85%
|
11
|
Apakah kamu
lebih menyukai belajar materi trigonometri lanjutan dengan metode belajar
tanpa menggunakan lagu?
|
25%
|
75%
|
12
|
Apakah kamu
lebih cepat menghafal materi trigonometri lanjutan dengan metode belajar
tanpa menggunakan lagu?
|
35%
|
65%
|
13
|
Apakah kamu
lebih cepat memahami materi trigonometri lanjutan dengan metode belajar tanpa
menggunakan lagu?
|
45%
|
55%
|
- Pembahasan
Menurut Warningsih (2008) bahwa “Penggunaan lagu dalam
pembelajaran merupakan salah satu alternatif untuk dapat membangkitkan motivasi
belajar. Melalui lagu suasana pembelajaran menjadi lebih santai dan materi
pembelajaran biasanya dapat dengan cepat dihafal”. Oleh karena itu, untuk
menghafal materi trigonometri pada materi jumlah dan selisih dua sudut dapat
menggunakan lagu untuk mempelajarinya [4].
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan,
dapat dilihat bahwa hasil pretest
yang telah dilakukan di kelas eksperimen hanya ada 4 peserta didik yang nilainya diatas KKM dan setelah diberi
pembelajaran dengan menggunakan lagu hasilnya menjadi 7 peserta didik yang
mendapatkan nilai di atas KKM yaitu sebanyak 2 peserta didik mendapat nilai 80,
1 peserta didik mendapat nilai 90 dan 4 peserta didik mendapat nilai 100.
Berdasarkan nilai yang diperoleh peserta didik
dapat diketahui bahwa pengajaran rumus trigonometri pada materi jumlah dan
selisih dua sudut dengan menggunakan lagu lebih efektif. Hal ini dapat dilihat
dari peningkatan nilai peserta didik dari pretest
ke posttest. Hasil rata-rata dari pretest di kelas XI IPA 1 adalah 38.5
dan hasil posttest adalah sebesar
60.75.
Berdasarkan nilai peserta didik diperoleh
persentase yang kurang signifikan. Banyak faktor yang menyebabkan persentasenya
kurang signifikan, diantaranya adalah tidak semua peserta didik dapat belajar
dengan menggunakan lagu, terlalu banyak rumus yang harus dihafal dan lain-lain.
Namun, jika dilihat dari hasil persentase di angket hasilnya dapat dikatakan
berhasil karena persentasenya cukup besar, bahkan 100% dari peserta didik dari
kelas XI IPA 1 menyatakan bahwa metode lagu ini menyenangkan.
Metode
penggunaan lagu dalam mempelajari trigonometri cukup membantu dalam pemahaman
peserta didik dan cukup menyenangkan untuk cara pembelajarannya.
Banyak
peserta didik yang sangat antusias dengan lagu trigonometri ini, sehingga
memudahkan peserta didik untuk menghafal rumus-rumus trigonometri
tersebut. Respon peserta didik terhadap
lagu trigonometri juga cukup baik. Hal ini dikarenakan banyak peserta didik
yang senang bernyanyi. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa metode pembelajaran
trigonometri dengan menggunakan lagu sangat menyenangkan dan cukup efektif.
4. Kesimpulan
Kesimpulan
dari penelitian ini adalah bahwa metode lagu cukup baik diajarkan untuk pembelajaran trigonometri
pada materi jumlah dan selisih dua sudut. Dan dapat disimpulkan juga, belajar
dengan menggunakan lagu itu menyenangkan, tetapi tidak mudah menghafal dan
memahami rumus trigonometri pada materi
jumlah dan selisih dua sudut ini dengan menggunakan lagu.
Hal ini disebabkan karena ada peserta didik yang tidak bisa belajar menggunakan
lagu dan lebih mengerti atau paham jika dengan cara pengajaran ceramah.
5. Saran
Beberapa
saran yang ingin dianjurkan oleh penulis bagi yang ingin melakukan penelitian
yang serupa:
-
Harus lebih intens dalam penggunaan lagu dalam belajar.
-
Memperbanyak pengembangan konsep.
-
Membuat lagu sendiri, tidak menggunakan nada
orang lain.
-
Melakukan penelitian awal.
6. Daftar Pusaka
[1]http://carapedia.com/pengertian_definisi_matematika_info2064.html
[2]http://pendidikanmatematika.blogspot.com/2009/03/oleh-luwis-bab-i-pendahuluan.html
[3]http://fadlialfairuz.blogspot.com/2012/03/pengertian-trigonometri.html
[4]http://file.upi.edu/Direktori/DUALMODES/INOVASI_PENDIDIKAN/Modul_5Inovasi_dalam_Pembelajaran.pdf
No comments:
Post a Comment