Tuesday, April 15, 2014

PENGGUNAAN LAGU DALAM PEMBELAJARAN TRIGONOMETRI


ANALISIS KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN LAGU DALAM PEMBELAJARAN TRIGONOMETRI PADA MATERI JUMLAH DAN SELISIH DUA SUDUT

Abstrak
Tujuan dari penelitian ini agar peserta didik lebih cepat dalam menghafal rumus trigonometri pada materi jumlah dan selisih dua sudut dan proses pembelajaran menjadi lebih menyenangkan.
Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian desain one group pretest-posttest subjek random. Desain ini merupakan randomisasi pemilihan subjek serta menggunakan pretest dan posttest. Berdasarkan hasil angket repon peserta didik terhadap trigonometri pada jumlah dan selisih dua sudut dengan menggunakan lagu 100% dari peserta didik menyatakan bahwa dengan menggunakan lagu  proses pembelajaran menjadi menyenangkan.


1.      Latar Belakang
Matematika adalah segala hal yang berkaitan dengan pola dan aturan dan bagaimana aturan itu dipakai untuk menyelesaikan berbagai  macam permasalahan [1]. Sampai saat ini, matematika dianggap sebagai pelajaran yang kurang menarik, sukar dan membosankan sehingga pelajaran matematika menjadi kurang disenangi oleh peserta didik, yang berakibat pada rendahnya prestosi belajar peserta didik [2].
Trigonometri merupakan nilai perbandingan yang didefinisikan pada koordinat kartesius atau segitiga siku-siku [3]. Trigonometri pada materi jumlah dan selisih dua sudut yang disampaikan pada kelas XI jurusan IPA memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi dalam pemahamannya. Ada peserta didik yang tidak bisa memahaminya dengan mempelajarinya secara metode  ceramah, dikarenakan rumusan yang terlalu banyak.
Dari uraian di atas dapat disimpulkan perlu adanya proses pembelajaran  baru yang dapat membuat peserta didik senang dalam belajar matematika dan memudahkan peserta didik dalam menghafal rumus-rumus trigonometri pada materi jumlah dan selisih dua sudut yang disampaikan pada kelas XI jurusan IPA.
Selama ini teknik menggunakan jembatan keledai dan lagu dapat memudahkan peserta didik untuk menghafal materi. Dengan pembuatan lagu rumusan trigonometri pada materi jumlah dan selisih dua sudut ini, diharapkan nantinya metode ini dapat menjadikan peserta didik lebih cepat dalam menghafal, mempelajari dan memahami rumus-rumus trigonometri dengan baik.
2.      Metode Penelitian
Penelitian ini menggunakan metode observasi dan  dilakukan di kelas XI IPA 1. Sebelum kelas XI IPA 1 diberi perlakuan, kelas tersebut diberi pretest, dan setelah perlakuan, diberi posttest. Kemudian hasilnya diolah sehingga dapat diketahui hasil belajar di kelas XI IPA 1 dan respon peserta didik terhadap pembelajaran trigonometri pada materi jumlah dan selisih dua sudut dengan menggunakan lagu dan apakah metode tersebut berhasil atau tidak.
-Prosedur penelitian:
1.         Membuat soal di kertas HVS.
2.         Menentukan soal yang akan diujikan.
3.         Sebelum dijelaskan materi jumlah dan selisih dua sudut peserta didik diberikan pretest.
4.         Menjelaskan tentang trigonometri pada materi jumlah dan selisih dua sudut kepada peserta didik dengan menggunakan lagu.
5.         Setelah diajarkan peserta didik diberi posttest dan angket.
6.         Melihat hasil belajar dan respon peserta didik terhadap penggunaan lagu dalam proses pembelajaran trigonometri pada materi jumlah dan selisih dua sudut.

3.      Hasil Penelitian dan Pembahasan
Penelitian ini dilakukan di kelas XI IPA 1 dengan menggunakan lagu. Materi matematika yang diajarkan pada penelitian ini adalah materi trigonometri khususnya pada sub bab rumus selisih dan jumlah dua sudut. Untuk mengetahui hasil belajar sebelum perlakuan, peneliti melakukan pretest, dan setelah diberikan perlakuan diberikan tes berupa posttest. Dengan tujuan ingin mengetahui seberapa besar peningkatan pada kelas XI IPA 1 yang diajar dengan menggunakan lagu.

No
Nama
Pretest
Posttest
Persentase kenaikan
1
A
10
60
50%
2
B
50
55
5%
3
C
0
20
20%
4
D
0
20
20%
5
E
60
60
0%
6
F
75
100
25%
7
G
0
20
20%
8
H
20
80
60%
9
I
80
80
0%
10
J
0
0
0%
11
K
40
100
60%
12
L
40
70
20%
13
M
40
65
25%
14
N
75
70
-
15
O
70
100
30%
16
P
60
100
40%
17
Q
60
70
10%
18
R
0
20
20%
19
S
0
35
35%
20
T
90
90
0%
Tabel 1.Tabel pretest dan posttest kelas XI IPA



Tabel 2. Rekapitulasi Hasil Belajar Matematika  Kelas XI IPA 1


Statistik
Kelas XI IPA 1
Pretest
posttest
Nilai Terendah
0
0
Nilai Terbesar
90
100
Mean
38.5
60.75
Persentasi kenaikan rata-rata
22%




















      Tabel 3. Hasil Angket Kelas XI IPA 1
No
Pertanyaan
Ya
Tidak
1
Apakah kamu kamu mengalami kesulitan dalam mempelajari trigonometri lanjutan?
50%
50%
2
Apakah metode lagu ini efektif dalam mempelajari trigonometri lanjutan?
80%
20%
3
Apakah adanya metode lagu ini sangat membantu kamu dalam mempelajari trigonometri lanjutan?
65%
35%
4
Apakah kamu suka belajar trigonometri lanjutan dengan menggunakan lagu?
70%
30%
5
Menurut kamu apakah metode lagu ini efektif diterapkan untuk materi trigonometri lanjutan?
95%
5%
6
Apakah kamu dapat menghafal trigonometri lanjutan dengan baik dengan menggunakan metode lagu?
65%
35%
7
Apakah metode lagu ini metode yang menyenangkan untuk belajar trigonometri lanjutan?
100%
0%
8
Apakah dengan metode lagu ini, kamu dapat lebih mudah memahami materi trigonometri lanjutan?
75%
25%
9
Apakah kamu semakin sulit dalam memahami materi trigonometri lanjutan dengan menggunakan lagu?
15%
85%
10
Apakah dengan menggunakan  metode lagu ini tidak membantu kamu dalam menghafal materi trigonometri lanjutan?
15%
85%
11
Apakah kamu lebih menyukai belajar materi trigonometri lanjutan dengan metode belajar tanpa menggunakan lagu?
25%
75%
12
Apakah kamu lebih cepat menghafal materi trigonometri lanjutan dengan metode belajar tanpa menggunakan lagu?
35%
65%
13
Apakah kamu lebih cepat memahami materi trigonometri lanjutan dengan metode belajar tanpa menggunakan lagu?
45%
55%





- Pembahasan
Menurut Warningsih (2008) bahwa “Penggunaan lagu dalam pembelajaran merupakan salah satu alternatif untuk dapat membangkitkan motivasi belajar. Melalui lagu suasana pembelajaran menjadi lebih santai dan materi pembelajaran biasanya dapat dengan cepat dihafal”. Oleh karena itu, untuk menghafal materi trigonometri pada materi jumlah dan selisih dua sudut dapat menggunakan lagu untuk mempelajarinya [4].
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat dilihat bahwa hasil pretest yang telah dilakukan di kelas eksperimen hanya ada 4 peserta didik  yang nilainya diatas KKM dan setelah diberi pembelajaran dengan menggunakan lagu hasilnya menjadi 7 peserta didik yang mendapatkan nilai di atas KKM yaitu sebanyak 2 peserta didik mendapat nilai 80, 1 peserta didik mendapat nilai 90 dan 4 peserta didik mendapat nilai 100.
Berdasarkan nilai yang diperoleh peserta didik dapat diketahui bahwa pengajaran rumus trigonometri pada materi jumlah dan selisih dua sudut dengan menggunakan lagu lebih efektif. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan nilai peserta didik dari pretest ke posttest. Hasil rata-rata dari pretest di kelas XI IPA 1 adalah 38.5 dan hasil posttest adalah sebesar 60.75.
Berdasarkan nilai peserta didik diperoleh persentase yang kurang signifikan. Banyak faktor yang menyebabkan persentasenya kurang signifikan, diantaranya adalah tidak semua peserta didik dapat belajar dengan menggunakan lagu, terlalu banyak rumus yang harus dihafal dan lain-lain. Namun, jika dilihat dari hasil persentase di angket hasilnya dapat dikatakan berhasil karena persentasenya cukup besar, bahkan 100% dari peserta didik dari kelas XI IPA 1 menyatakan bahwa metode lagu ini menyenangkan.
Metode penggunaan lagu dalam mempelajari trigonometri cukup membantu dalam pemahaman peserta didik dan cukup menyenangkan untuk cara pembelajarannya.
 Banyak peserta didik yang sangat antusias dengan lagu trigonometri ini, sehingga memudahkan peserta didik untuk menghafal rumus-rumus trigonometri tersebut.  Respon peserta didik terhadap lagu trigonometri juga cukup baik. Hal ini dikarenakan banyak peserta didik yang senang bernyanyi. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa metode pembelajaran trigonometri dengan menggunakan lagu sangat menyenangkan dan cukup efektif.

4.      Kesimpulan
Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa metode lagu cukup baik diajarkan untuk pembelajaran trigonometri pada materi jumlah dan selisih dua sudut. Dan dapat disimpulkan juga, belajar dengan menggunakan lagu itu menyenangkan, tetapi tidak mudah menghafal dan memahami rumus trigonometri  pada materi jumlah dan selisih dua sudut ini dengan menggunakan lagu. Hal ini disebabkan karena ada peserta didik yang tidak bisa belajar menggunakan lagu dan lebih mengerti atau paham jika dengan cara pengajaran ceramah.

5.      Saran
Beberapa saran yang ingin dianjurkan oleh penulis bagi yang ingin melakukan penelitian yang serupa:
-          Harus lebih intens dalam penggunaan lagu dalam belajar.
-          Memperbanyak pengembangan konsep.
-          Membuat lagu sendiri, tidak menggunakan nada orang lain.
-          Melakukan penelitian awal.


6.      Daftar Pusaka

[1]http://carapedia.com/pengertian_definisi_matematika_info2064.html
[2]http://pendidikanmatematika.blogspot.com/2009/03/oleh-luwis-bab-i-pendahuluan.html
[3]http://fadlialfairuz.blogspot.com/2012/03/pengertian-trigonometri.html
[4]http://file.upi.edu/Direktori/DUALMODES/INOVASI_PENDIDIKAN/Modul_5Inovasi_dalam_Pembelajaran.pdf



No comments:

Post a Comment